Minggu, 27 September 2015

Ternyata aku punya foto-foto ini.
Aku baru sadar memiliki koleksi foto still life dan toygraphy dari mainan (mobil hotwheels & action figure dinosaurus) didalam harddisk-ku. Memang, sebelumnya telah ku tulis tentang genre fotografi yang sama, yakni di post “Berimajinasi dengan Mainan Anak-anak”. Dan kini aku hampir lupa punya beberapa foto dengan genre sama, yang belum ku posting sama sekali disini.

Where’s My Food?
ISO 400, 1/30 s, f/3.4

Foto-foto ini diambil di halaman rumahku yang sempit, bulan Agustus 2014, di suatu sore yang lengang. Entah kenapa aku sedemikian nganggurnya. Aku mengambil satu koleksi hotwheels adikku dan dinosaurus milikku sendiri. Lalu ku reka-reka sesuai imajinasi yang berpendar di alam pikiranku yang begitu impulsif.

Trapped
ISO 400, 1/30 s, f/3.4

Rrrrrrr!
ISO 800, 1/25 s, f/3.4
Anyway, dalam memotret mainan, action figure atau sejenisnya hanya butuh trik kecil. Using your creativity! Hanya itu modalnya. Semua foto ini kuambil di sela-sela pot bunga rumahku. Di pinggir jalan, sambil membungkuk-bungkuk untuk memperoleh angle yang bagus. Ditanyai juga ama tetangga, “Ngapain kamu?”
Selain kreativitas, butuh mental kuat ternyata.
Karena mainan yang kupakai adalah hewan dan kendaraan, maka setting lokasi terbaik memang di outdoor, diantara rerumputan, semak-semak, tanah atau pasir. Tidak mutlak harus di outdoor kok, tergantung temanya apa. Tidak harus juga menyertakan unsur alam. Bahkan, kalau ada ide memotret dinosaurus di puing-puing gedung dan kota juga gak papa. Itu malah keren!
Keep trying, peeps!

Taken with Nikon Coolpix S3500, Macro Mode
August, 13, 2014
Di sela-sela pot bunga rumah

0 komentar:

Posting Komentar