Sabtu, 25 Juli 2015

Siapa bilang mengambil foto hewan kesayangan kita sangatlah mudah?
          Pernyataan itu terbantahkan olehku ketika hendak mengambil foto kucingku, Lucu Sedunia, Jum’at malam (24/7). Yap, itu memang nama sebenarnya. Saudaranya, yang berbulu jingga dan bermotif sama, kuberi nama Ngalem Sedunia (Jawa: Manja).
          Lucu Sedunia lahir pada pertengahan Januari 2015. Berarti, usianya sekarang sudah 6 bulan. Usia menuju remaja, kalau dikonversikan dalam kalender kucing. Lucu Sedunia memiliki bulu bermotif garis-garis dan berwarna abu-abu dengan sedikit bercak cokelat di punggung. Dia betina.


Expose
ISO 80, 1/25 s, f/3.4

          Lucu sedunia sama sekali bukan tipe fotogenik. Dia bahkan sangat cuek. Dipanggil berpuluh-puluh kali baru menoleh. Dan sangat tidak suka digendong. Jika digendong, dia akan meronta-ronta untuk melepaskan diri. Ughh, DNA turunan dari singa yang liar masih tersisa padanya, sepertinya. Benar-benar berjiwa bebas. Berbeda dengan saudaranya, Ngalem Sedunia, jantan, yang tipe kucing rumahan dan suka dimanja. That’s why aku menamakan dia Ngalem Sedunia wkwk


Sok Cool
ISO 80, 1/25 s, f/3.4

          Susah sekali mendapatkan foto yang bagus dari Lucu Sedunia. Dia benar-benar banyak tingkah. Dengan matanya yang cerdas dan penasaran, dia memilih untuk berjalan kesana-kemari, makan, ke kamar mandi, makan lagi, jilat-jilat bulu dan tidak pernah diam. Sebenarnya, aku tidak niat untuk memotretnya, tetapi ketika dia makan, muncullah ide spontan itu. Dan mengubahnya ke hitam-putih akan membuatnya lebih bermakna.


Those Eyes...
ISO 80, 1/25 s, f/3.4

          Butuh waktu hampir 15 menit untuk mendapatkan foto-fotonya, sampai nyungsep ke lantai, demi foto yang bagus. Karena motif Lucu Sedunia cukup jelas, belang-belang yang simetris, maka itu menambah nilai ‘seni’ dalam foto.
          Btw, di foto “Lick Baby! Lick!” ada bayangan tak terduga yang muncul di sisi kanan. Bayangan kucingnya sendiri di kulkas, memantul karena adanya flash :D


Lick Baby! Lick!
ISO 80, 1/25 s, f/3.4


Licking Like Boss
ISO 80, 1/25 s, f/3.4

Talent (?) : Kucing Lucu Sedunia, 6 months old
Surabaya, 24 Juli 2015, 18:05-18:20
Lokasi : Dapur rumah
Nikon Coolpix S3500, All with Flash and using Macro mode.


Btw, kalo diperhatikan, semua data EXIF-nya sama nilainya. Mungkin, efek dari pake mode makro, yang punya settingan sendiri. Entahlah.

0 komentar:

Posting Komentar